Di benak masyarakat mengartikan
marketing adalah penjualan, padahal penjualan itu sendiri berada di dalam
marketing, dari hal ini kita dapat melihat bahwasannya cangkupan marketing
lebih luas bukan hanya sekedar menjual. Hal ini juga sama dengan paparan Monica
Anggen di buku Marketing is terorist
Dari kutipan di atas kita dapat
memilih 2 kalimat dalam lingkup besar yakni 1. Mengindetifikasi kebutuhan dan
keinginan masyarakat, 2. Memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat.
Berbicara tentang identifikasi di dalam kamus Bahasa Indonesia adalah “proses
yang terjadi pada seseorang karna secara tidak sadar dia membayangkan dirinya
sebagai orang lain yang mempunyai ikatan emosional” (2011:646). Di sini kita
bisa melihat bahwasannya dengan menjadikan diri kita sendiri menjadi orang lain
kita dapat merasakan apa yang mereka inginkan, sama halnya dengan kita membuat
suatu produk kita harus merasakan apa yang sedang dibutuhkan masyarkat, jika
dahulu pengusaha membuat produk kemudia dibeli namun tidak untuk saat ini,
untuk mecapai penjualan kita harus tahu dulu apa yang diinginkan pasar kita,
karna kita dapat melihat berbagai produk substitusi yang meremakan dan saling
berlomba merebutkan hati konusmen baik dari segi harga maupun kualitas yang
ditawakan, sehingga membuat produk saja tidaklah pas untuk mencapai penjualan
yang besar. sangat jelaslah kegiatan
marketing itu sendiri. Sekarang kita berbicara tentang kepuasan, identifikasi
yang dipaparkan tadisangat erat hubungannya dengan kepuasan karena di dalam
identifikasi kita telah merasuki diri kita kedalam pikiran orang dan
memposisikan diri kita untuk mengetahui bagaimana cara agar kepuasan itu
terjadi.
Marketing dalam suatu perusahaan
memilliki peran yang sangat penting karna didalamnya strategi-strategi
dikerahkan untuk mencapai penjualan yang tinggi yang dapat menghasilkan laba
yang besar, secara tidak langsung marketinglah yang kemudian akan membuat suatu
perusahaan dapat berkembang di masa depan. Menurut AMA (American Marketing
Association) marketing diartikan sebagai kegiatan yang berhubungan dengan
proses menciptakan, proses komunikasi, pengiriman barang serta pertukaran nilai
dan barang bagi para pelanggan, klien dan mayarakat secara umum.
Sedangkan
Fungsi marketing sendiri bukan hanya
sekedar mecari profit yang tinggi bagi perusahaan meski pada ahirnya memang
profitlah yang diinginkan olah para pemegang saham, lebih dari itu marketing
memiliki fungsi yang tidaklah sedikit. Menurut Monica Anggen fungsi marketing
secara Umum (hal 10: 2012) sebagai berikut:
1.
Penelitian
pasar
2.
Penelitian
kebutuhan pelanggan
3.
Adaptasi
4.
Menciptakan
permintaan atau demand
5.
Efesiensi
terhadap kegiatan ekonomi
Ada 5 fungsi yang di paparkan oleh
Monica Anggen dari fungsi yang pertama yaitu penelitian pasar. Melakukan
penelitian pasar biasanya para marketer (orang yang melakukan atau bergerak
dalam bidang marketing) bertujuan agar dapat mengetahui situasi dan kondisi
pasar terkini serta prospek di masa yang akan datang, ketika fungsi penelitian
pasar ini dilakukan maka perusahaan akan mudah merumuskan strategi-strategi
baik dalam memperbaiki kualitas produk yang sudah ada, produk yang akan diluncurkan
dengan target pasar yang berbeda dari sebelumnya atau
permasalahan-permasalah yang bisa menjadikan perusahaan lebih ketat dengan
produk subtitusi yang dimiliki pesaing.
Fungsi yang kedua adalah penelitian
tentang kebutuhan pelanggan, terkadang kita pernah bertemu dengan perusahaan
yang melalakukan survey di pasar-pasar atau bahkan dengan cara tersembunyi
perusahaan melalukan penelitian langsung tentang produk yang mereka dan
bertanya tentang kekurangan-kekurangan yang dirasakan pelanggan, hal ini
tidaklah lain adalah untuk mengetahui apa yang sebenarnya produk yang sudah ada
sesuai dengan keinginan mereka atau berbeda dengan kebutuhan mereka dan
menyesuaikan kembali dengan kondisi mereka.
Fungsi yang ketiga adalah adpatasi,
yang dimaksud adaptasi di sini adalah perusahaan harus bisa mengikuti tren yang
terjadi dimasyarakat agar permintaan akan tetap stabil bahkan cenderung naik.
Tren-tren terbaru akan terus bermunculan mengikuti perembangan jaman apalagi
tren yang berhubungan dengan fashion.
Fungsi yang keempat adalah menciptakan
permintaan atau demand, sebenarnya jika strategi-strategi telah dikerahkan
setelah melakukan fungsi marketing yang kesatu, dua dan tiga fungsi yang
keempat ini akan mengikuti dengan sendirinya. Dan hal ini juga harus ditunjang
dengan pengenalan dan promosi produk. Salah satu contohnya seperti pasta gigi
merek pepsodent, karena mereka memberikan kesan segar, tak jarang kemasan dari
pepsodent selalu berubah
Fungsi marketing yang terahi adalah
efisiensi terhadap kegiatan ekonomi. Biasanya efesiensi ini dilakukan oleh
perusahaan dengan hal yang berhubungan dengan produksi baran dan jasa.
Transportasi, penyimpanan barang, pendistribsian produk agar dapat sampai
kepada tangan
Refernsi
Anggen,
Monica. 2012. Marketing Is Terorist.
Jakarta. Laskar Aksara.
Saptika,
Andarini & Amarullah, Rizal. 2011. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta. PT.
Multazam Mulia Utama.
No comments:
Post a Comment